Gabung Bersama Kami di Facebook

Tunggu 10 Detik
Tutup X
Usaha cemilan komunitas tuna rungu Karawang

KULINER

Usaha cemilan komunitas tuna rungu Karawang

Lengo , Tanjungpura - Karawang Barat. Sangat di sayangkan ketika seorang hamba Allah yang memiliki panca indera yang lengkap tetapi hampir tidak pernah bersyukur dengan keadaannya, bahkan hampir putus asa dengan keadaan yang membutakan mata hatinya, di saat banyak peluang yang datang. Selalu mengeluh susahnya mencari nafkah, untuk diri sendiri atau mungkin untuk keluarganya. Lantas bagaimana dengan mereka yang memang memiliki cacat pendengaran -tuna rungu- sehingga tidak bisa mendengar dan keterbatasan dalam berbicara. Haruskah mereka pasrah dengan keadaannya? haruskah mereka diam. Hanya menunggu belas kasihan dari orang lain? Tanpa mau berusaha sedikitpun? Bahkan tidak percaya dengan kemampuan dirinya sendiri. Mungkin saja hal itu bisa terjadi pada orang lain, tetapi tidak pada seorang Harry Abriyatna (28).

Harry Abriyatna (28) lahir sebagai anak ke -2 dari pasangan ibu Yusi dan bapak Eli AL. Harry seorang tuna rungu semenjak lahir. Tetapi mempunyai semangat hidup yang luar biasa, mandiri dan menjadi inspirasi bagi teman-teman di komunitas tuna rungu. Walau tuna rungu -tidak bisa mendengar- dan tidak bisa berbicara seperti biasa, tetapi dia bisa melakukan banyak hal, membaca sms, internet, mengendarai motor maupun mobil bahkan menjadi inspirasi dan penggerak usaha bagi komunitasnya. Tidak ada istilah dalam kamusnya untuk menyerah. Hal ini tidak terlepas dari peran ibunya yang dengan gigih mendidik harry agar bisa mandiri, dengan mengikutkan ke sekolah luar biasa sampai setingkat sekolah menengah atas.

harry steam motor"Ibu ingin Harry tidak bergantung pada belas kasihan orang lain walau tuna rungu tetapi bisa hidup mandiri. Saat ini masih ada ibu dan bapak, tetapi kalau tidak di didik mandiri dari kecil. Bagaimana nantinya kalau tidak bersama ibu lagi. Maka dari itu ibu sekolahkan sampai setingkat sekolah menengah atas. Ibu perlakukan sama dengan kakak dan adiknya yang lain. Kalau memang melakukan kesalahan tetap di omelin. Ibu juga belajar bahasa isyarat selama 3 bulan agar bisa berkomunikasi dengannya." cerita Ibu Yusi.

Ukm Karawang di bantu ibu dan pamannya, mencoba berkomunikasi dengan harry tentang usaha makanan ringan dan steam motor yang di rintisnya bersama komunitas tuna rungu.

Pada awalnya Harry sempat bekerja sebagai karyawan di perusahaan baja, dan hasilnya sebuah sepedah motor. Setelah tidak kerasaan bekerja, akhirnya memutuskan membuka usaha steam motor dengan nama "Hero Steam Motor" berlokasi di kampung lengo juga. Jadi setiap hari bersama komunitasnya bekerja mencuci motor dan tempat ini juga sebagai tempat berkumpul teman-temannya.

Tidak sampai di sini saja, Harry juga mengajak teman-teman komunitas tuna rungu untuk berjualan cemilan makanan ringan. Ya makanan ringan seperti keripik pisang, keripik ubi, keripik talas, kerupuk bawang, dan lainnya, yang biasanya semua orang menyukai makanan ringan ini. Sebagai ciri atau merek kalau makanan ini di kemas oleh komunitas tuna rungu dipakailah label "Harry Makanan Ringan" dan ada tulisan di produksi oleh Komunitas Tuna Rungu. Dikemas dengan plastik tebal dan mesin lem kemasan plastik. Satu bungkus cemilan ini di hargai sebesar Rp10.000,- . Jika untuk di jual lagi ada diskon sebesar 20%.

harry cemilan makanan ringan

 

Saat ini pemasarannya selain di pasarkan secara langsung oleh teman-temannya ke kantor-kantor juga ada pada kantin kantor dinas, yang lokasinya di karawang, bekasi maupun purwakarta. Sistemnya jual tunai dan ada juga titip jual. Alhamdulillah masih ada orang-orang yang dengan ikhlas membantunya memasarkan cemilan ini, misalnya sebagai variasi produk di rumah makan atau mereka yang mempunyai tempat jualan makanan. ***Sanu***

Yuk kita dukung usaha makanan ringan dari komunitas tuna rungu ini, dengan membeli cemilannya atau juga menjadi pemasar cemilan, Harry Makanan Ringan ini. Mudah-mudahan usaha seperti ini bisa menjadi inspirasi bagi yang lainnya.

Jika tertarik bekerjasama dengan Harry silahkan langsung datang aja ke lokasi ini, atau hubungi dengan SMS ke nomor teleponnya. Jika perlu telepon bisa telepon juga ke nomor Ibu Yusi.

harry makanan ringan

 

HARRY MAKANAN RINGAN
Kampung Lengo RT 003/014,
Kelurahan Tanjung Pura - Karawang Barat

Kontak :
HARRY (Hanya SMS) : 0856-92212525
IBU YUSI (SMS/TELEPON) : 0877-80211136 


 


ukm karawang

 

Untuk dapat mengikuti tentang UKMKarawang terbaru
silahkan like fanspage FB & Twitter UKM Karawang.

https://twitter.com/ukmkarawang88 

 

fanspage FB : https://www.facebook.com/ukmkarawang




ukm karawang 

Untuk dapat mengikuti tentang UKMKarawang terbaru
silahkan like fanspage FB & follow Twitter UKM Karawang.

https://twitter.com/ukmkarawang88 

FB ID : https://facebook.com/ukmkarawang88  

fanspage FB : 
https://www.facebook.com/ukmkarawang

ARTIKEL LAINNYA

HOBI & JASA

Pijat Refleksi ala Tabib Hendra Tanaka

UKMKarawang.com. Hendra Gunawan (38) atau lebih di kenal dengan nama Tabib Hendra Tanaka atau Tabib Tanaka adalah sosok s... Selengkapnya

PENGRAJIN / DISTRO

Pengrajin Iket Sunda Asli Karawang

UKMKarawang.com. Endang Supriadi (39) bersama dengan rekan-rekan yang ada dalam Paguyuban Dangiang Sunda kampung Gempol R... Selengkapnya

PENGRAJIN / DISTRO

Indahnya usaha sablon mug Karawang

Tanjung Mekar - Karawang Barat. Mencari peluang usaha itu susah, siapa bilang? Kalau kita punya kemauan yang kuat dan konsisten de... Selengkapnya