Gabung Bersama Kami di Facebook

Tunggu 10 Detik
Tutup X
Dari hobi koleksi pohon buah import menjadi usaha mandiri

HOBI & JASA

Dari hobi koleksi pohon buah import menjadi usaha mandiri

Rengasdengklok - Karawang. Pak Nana atau orang biasanya memanggilnya dengan panggilan pak guru, adalah orang yang tinggal di Rengasdengklok ini mempunyai hobi mengoleksi pohon-pohon buah import, saking senangnya dengan pohon buah import kadang dia meminta kepada teman-temannya yang pulang dari luar negeri untuk membelikan pohon buah yang khas dari negara yang di kunjungipohon buah importnya.

Dari pohon kecil sampai menjadi besar, dari satu macam pohon menjadi berbagai macam jenisnya. Dari tidak berbuah sampai berkali-kali berbuah. Dari pekarangan rumah yang kosong menjadi penuh dengan berbagai macam buah import. Dan bahkan tanah kosong di belakang rumahnya menjadi penuh pohon buah import. Karena hobinya inilah akhirnya menjadi titik awal usaha mandiri yang sekarang menjadi penghasilan dalam mencari nafkah keluarganya.

"Tadinya sih hanya senang mengoleksi saja, tapi lama-kelamaan pohonnya makin besar dan makin banyak koleksinya. Jadi membuat saya berpikir bisa tidak ya, pohon ini di budidayakan atau di perbanyak. Di situlah saya baru belajar memperbanyak pohon ini, mulai dari menanam dengan biji, mencangkok, stek dan teknik lainnya begitu juga belajar jenis-jenis pupuknya. Dasar pendidikan saya kan sebagai guru bukan dari pertanian, jadi saya harus lebih banyak belajar tentang pertanian ini." terang pak Nana, pada tim UKM Karawang.

Setelah belajar membudidayakan tanaman buah import ini akhirnya berhasil juga memperbanyaknya. Dan mulai penuh pekarangan depan rumahnya.

 

Bagaimana bisa menjadi usaha mandiri yang menghasilkan?

"Tadinya karena banyak rekan-rekan yang datang ke rumah dan melihat koleksi pohon buahnya yang unik-unik, mereka membeli bibit-bibit pohon buah yang sudah saya perbanyak. Dan informasi dari rekan-rekan sayalah, akhirnya banyak yang tahu kalau saya menjual pohon buah import di rumah. Selain itu saya juga ikut pameran-pameran pertanian."

Apa saja koleksi pohon buah yang ada di sini?

"Banyak. Ada black sapote, anggur brasil, plum merah, mame sapote, green sapote, kawista madu, lengkeng, sukun dan masih banyak varietas lainnya."

Berapa kisaran harga untuk satu pohon buahnya?

"Harga tergantung besar-kecil pohon dan jenis/varietas, dari yang paling kecil Rp 50.000,- sampai ada juga yang harganya satu juta ke atas. Apalagi kalau varietasnya langka dan sudah berbuah. Selain menjual pohon, saya juga melayani jasa pemupukan, treatment dan pembuahan. Misalnya saja ada yang mempunyai pohn buah import yang belum berbuah."

Bagaimana pembaca UKMKarawang.com tertarik untuk mengoleksi pohon buah import, atau mau mengikuti jejak pak Guru Nana ? Silahkan langsung saja ke alamat dan no kontak di bawah ini : 

pohon buah import

Pak Nana / Pak Guru

Tanaman Buah Import Barokah Jaya

Jl. Raya Kalijaya Rt. 06/10
Rengasdengklok - Karawang - Jawa Barat

Kontak HP:085822118674

 

ukm karawang

Untuk dapat mengikuti tentang UKMKarawang terbaru
silahkan like fanspage FB & Twitter UKM Karawang.

https://twitter.com/ukmkarawang88 

https://www.facebook.com/ukmkarawang



ukm karawang 

Untuk dapat mengikuti tentang UKMKarawang terbaru
silahkan like fanspage FB & follow Twitter UKM Karawang.

https://twitter.com/ukmkarawang88 

FB ID : https://facebook.com/ukmkarawang88  

fanspage FB : 
https://www.facebook.com/ukmkarawang

ARTIKEL LAINNYA

HOBI & JASA

Pijat Refleksi ala Tabib Hendra Tanaka

UKMKarawang.com. Hendra Gunawan (38) atau lebih di kenal dengan nama Tabib Hendra Tanaka atau Tabib Tanaka adalah sosok s... Selengkapnya

PENGRAJIN / DISTRO

Pengrajin Iket Sunda Asli Karawang

UKMKarawang.com. Endang Supriadi (39) bersama dengan rekan-rekan yang ada dalam Paguyuban Dangiang Sunda kampung Gempol R... Selengkapnya

PENGRAJIN / DISTRO

Indahnya usaha sablon mug Karawang

Tanjung Mekar - Karawang Barat. Mencari peluang usaha itu susah, siapa bilang? Kalau kita punya kemauan yang kuat dan konsisten de... Selengkapnya